Rabu, 10 Juni 2020

4 Manfaat Pakai Masker Kain Sesuai dengan Aturan Kesehatan

Aturan pemakaian masker untuk mengurangi penularan virus Covid 19, menjadi protokol yang wajib dipatuhi. Mengingat jumlah kasus positif Covid 19 terus bertambah setiap harinya. Selain itu masker bisa digunakan untuk menyaring partikel berbahaya, yang bisa dihirup oleh hidung. Apalagi udara sudah dipenuhi dengan zat berbahaya yang mengandung polutan. Jadi anda disarankan untuk menggunakan Masker kain untuk proteksi sehari-hari.

Masker untuk Melindungi Kesehatan Tubuh
1. Kurangi Transmisi Virus
Sejak pandemi Corona mewabah secara global keberadaan masker medis semakin langka. Kemudian pembuatan masker nonmedis mulai diadakan dengan bahan mirip masker medis, dalam rangka memenuhi kebutuhan kesehatan. Hal ini disarankan oleh WHO dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sebagai bentuk meminimal penularan Covid 19. Mengingat virus Corona mudah menular melalui pergantian pernafasan, apalagi jika berada di kerumunan.

Jika dulu orang tanpa masker tidak diperbolehkan keluar, kini setiap keluar wajib memakai masker. Dengan syarat keluar rumah karena ada kebutuhan mendesak, dan tetap melakukan protokol kesehatan. Selain itu tidak diperbolehkan berkontak fisik dan menghindari kerumunan. Sedangkan saluran pernafasan dilindungi dengan masker kain, yang mempunyai kerapatan tinggi untuk menyaring partikel udara.

2. Bisa Dicuci Kembali
Jika masker medis anda tidak diperbolehkan menggunakannya dua kali, hanya sekali pakai langsung buang. Awal himbauan menggunakan masker masyarakat sangat kesulitan mencarinya. Jadi sulit untuk menerapkan masker sekali buang, padahal berbahaya dalam standar kesehatan. Akhirnya tercetus ide pembuatan masker dari kain dengan bahan mirip masker medis. Bedanya masker ini bisa digunakan beberapa kali tetapi fungsinya tetap bekerja.

Masker Fullprint berbahan kain cenderung mudah ditemukan di tengah masyarakat. Selain itu masker ini bisa dicuci kembali dan dikeringkan seperti semula. Sehingga lebih memudahkan dalam melakukan perawatan. Ditambah kehadiran teknologi baru membuat masker fullprint semakin diminati oleh masyarakat. Anda bisa memesan masker dengan karakter kartun, atau model khusus yang membuat nyaman saat pemakaiaan.

3. Pemakaian Efektif
Masker nonmedis dengan bahan kain dianggap cukup efektif, untuk menghalau virus Covid 19 yang akan masuk ke dalam tubuh. Pada bahan kain yang digunakan, untuk satu lapis kain, mampu mengurangi penularan sebesar 83 persen. Sedangkan pada dua lapis kain efektivitas meningkat sebesar 93 persen. Artinya penggunaan masker nonmedis sama efektifnya dengan masker bedah, yang notabene bisa mengurangi penularan.

Sementara itu pada masker yang terbaut dari katun, tingkat efektivitasnya sekitar 69 persen pada satu lapis pemakaian. Jika digunakan dua lapis maka efektivitas katun akan meningkat sebesar 71 persen. Hal ini membuat masyarakat lebih dihimbau menggunakan masker nonmedis, yang harganya bisa dijangkau. Misalnya pada masker fullprint yang ternyata bisa didesain kekinian, tetapi tidak mengesampingkan sisi manfaatnya.

4. Harga Lebih Murah
Awal adanya himbauan penggunaan masker terjadi kasus penimbunan masker medis. Sehingga membuat harganya melambung tinggi, lalu ditemukan solusi alternatif berupa masker nonmedis. Meskipun memiliki manfaat yang serupa, nyatanya masker nonmedis yang paling dicari masyarakat. Selain itu harga yang dipasarkan sangat murah, sesuai dengan kantong masyarakat dan kebutuhan kesehatan.

Kehadiran masker dibutuhkan untuk mengurangi penularan virus, ataupun debu yang masuk ke saluran pernafasan. Meskipun tidak ada masker medis ternyata masker berbahan kain bisa memiliki manfaat serupa. Setidaknya penggunaan masker tersebut masuk dalam tingkat efektivitas tinggi, untuk mengurangi penularan. Disamping itu masker nonmedis bisa dibuat sesuai keinginan, baik bentuk maupun warnanya dan dijual dengan harga murah.
Load disqus comments

0 komentar